Wednesday, October 24, 2018

5 Ide Bisnis Untuk Mahasiswa yang mau berwirausaha

Sebagian besar mahasiswa saja sudah mulai merintis bisnisnya, kamu kapan?

Nyatanya banyak lo ide Bisnis yang bisa kamu lakukan selagi masih berstatus mahasiswa, tidak perlu takut dengan cara mengatur waktu hingga mencari modal untuk memulainya, karena 5 ide bisnis ini sudah sukses dijalankan oleh orang-orang seperti yasa kurniawan pemilik mens republic.

Sebagai mahasiswa, pasti punya keinginan untuk lepas dari orang tua alias mandiri, sehingga kita mencoba menghasilkan uang untuk memenuhi kebutuhan hidup di perantauan. Di tambah dengan banyaknya pergaulan dengan senior atau alumni yang bikin kamu punya inspirasi merintis usaha juga seperti mereka.

Sebenarnya banyak mahasiswa yang sudah terjun dalam bidang bisnis, namun terkendala masalah modal, banyak yang kesulitan mencari ide, bisnis apa yang bisa cepat mengembalikan modal dan semacamnya. Belum lagi membagi waktu antara jadwal kuliah yang padat merayap atau menyita perhatian dengan tugas-tugas yang diberikan dosen.



Biar tidak bingung lagi, ini 5 ide bisnis untuk kamu para mahasiswa mandiri yang berniat memulai dunia usaha atau bisnis.

Bisnis Pulsa Elektrik Dengan Modal HP

Mahasiswa tidak punya smartphone itu sesuatu hal yang mustahil, bahkan mungkin handphone yang kamu pakai tergolong barang mewah seperti iphone, ya walau dibeli dengan cara (i)second(/i). Salah satu bisnis yang bisa kamu jalankan dengan bermodal Handphone dan jaringan internet adalah menjual pulsa elektrik.


Iya, siapa sih yang tidak butuh pulsa? Karena kini pulsa seperti sembako yang kehadirannya sangat penting, apalagi mahasiswa rantauan. Kamu bisa mulai dengan menjual pulsa di kost-kostan atau teman seangkatan.

Kamu tidak perlu mempermasalahkan mencari provider penyedia pulsa termurah, karena sekarang banyak banget marketplace yang menjual pulsa dengan harga termurah, di artikel sebelumnya pun sempat kami bahas tentang Aplikasi Jual Pulsa di Android yang perlu kamu coba.

Jadi Influencer seperti Awkarin

Eits, kami tidak merekomendasikan kamu memiliki sifat bad ass seperti selebgram awkarin atau lainnya yang suka banget membuat sensasi negatif ya.

Jadi influencer kiranya sebuah bisnis yang cukup menjanjikan di era digital ini, apalagi kalau kamu punya perangai yang enak di pandang, seperti cantik, ganteng, baik dan kreatif.



Kamu bisa mulai menjadi influencer dengan memaksimalkan asset digital marketing yang kamu punya seperti Instagram, Channel Youtube, Twitter atau Facebook. Jadikan asset digitalmu sebuah galery karya yang bisa menginspirasi orang, lalu mulai lah dengan menawarkan jasa promosi ketika kamu sudah punya pengaruh/influence.

Bisnis Service atau Install Program di Laptop

Siapa yang tidak punya laptop di era digital seperti sekarang ini sih, semua dari mulai anak SD sampai orang kerja pasti punya. Nah kalau kamu suka banget ngotak ngatik Hardware dan software komputer, maka jenis bisnis ini cocok kamu jalankan. Mulai dengan menawarkan jasa service ke teman satu kost atau mungkin teman satu angkatan.


Tidak bisa memperbaiki kerusakan berat? kamu bisa juga menawarkan jasa install atau service software seperti install window, update antivirus atau install program yang benar-benar dibutuhkan kebanyakan mahasiswa. Percaya deh, tidak semua mahasiswa tau bagaimana caranya menginstall program crack-crack an.

Punya skill capture dan edit foto, kenapa enggak di komersialisasikan?

Punya kamera dan skill edit foto yang mumpuni, mengapa tidak membuka usaha jasa foto saat wisuda atau proyek foto freelance lainnya? Toh kamu punya kegiatan untuk meluapkan hasrat dan hobby mu menjadi sesuatu yang menguntungkan, bukan begitu?


Tidak punya skill photography yang mumpuni, maka kamu cukup bisa memaksimalkan kemampuan untuk edit foto saja dengan applikasi photoshop.

Jasa bersih-bersih kamar temen

Kamu tergolong anak yang rajin membantu orang tua, mungkin kamu bisa menawarkan jasa merapihkan kamar teman satu kost atau membuat jasa cuci baju alias laundry.

Walau membutuhkan alat bantuan seperti mesin cuci, mesin pengering, dan setrika, kamu bisa mengakalinya dengan mencari orang yang punya alat-alat tersebut, tugasmu cukup menjadi kolektor dengan menjemput baju yang hendak di cuci ke kost-kostan.

Bagaimana, bisnis diatas tidak terlalu rumit dan memiliki modal yang sedikit kan untuk memulai bisnis sebagai mahasiswa. Namun hal yang harus kamu ingat adalah jangan keasyikan bisnis sampai lupa tujuan utama mu kuliah, yaitu lulus tepat waktu ya.

No comments:
Write comments

Recommended Posts × +