Monday, October 12, 2020

Tips Investasi Rumah Tepat Sasaran Bagi Pemula

Rumah merupakan salah satu aset berharga yang menjadi idaman banyak orang, apalagi bagi mereka yang sudah berkeluarga. Perumahan juga merupakan sala hsatu bentuk investasi yang nilainya terus meningkat dari tahun ke tahun. Tidak heran, beberapa orang secara khusus mengalokasikan uang yang mereka miliki dalam bentuk investasi di bidang properti perumahan.

Dengan membeli rumah untuk investas, mereka bisa mendapatkan 2 keuntungan sekaligus, yaitu pendapatan sewa dan capital gain.

panduan dan tips investasi perumahan

Capital Gain (Keuntungan Modal) adalah suatu keuntungan atau laba yang diperoleh dari investasi dalam surat berharga atau efek, seperti saham, obligasi atau dalam bidang properti, dimana nilainya melebihi harga pembelian.

Dengan keuntungan yang terus meingkat tiap tahunnya, maka tidak heran bukan, mengapa kamu perlu melakukan investasi pada bidang perumahan. Nah untuk pemula, ada beberapa tips yang sebaiknya kamu pahami bila ingin melakukan investasi pada bidang ini.

Tips Melakukan Investasi Perumahan Secara Tepat Bagi Pemula

Bagi mereka yang mau memulai melakukan investasi dibidang perumahan, berikut tips yang kami kumpulkan dari berbagai expert dan sumber.

Pertimbangkan Kondisi Keuangan Anda

Mempertimbangkan kondisi keuangan sebelum membeli rumah menjadi hal yang sangat penting, apalagi saat seperti ini kita perlu melakukan evaluasi pengeluaran yang kita lakukan.

Jika tujuan utama pembelian rumah ini adalah untuk membuat keuangan menjadi lebih sehat, maka pertimbangkan membeli rumah yang memungkinkan untuk di sewakan kembali. Atau pertimbangkan juga apakah bisa di cicil dengan harga yang sesuai dengan kemampuan bulanan anda, atau tidak.

perhitungkan kondisi keuangan saat investasi

Sumber : Clark.com

Perlu diperhatikan secara serius, meskipun ada beberapa orang yang memutuskan membeli rumah secara langsung, tapi nyatanya banyak juga yang lebih memilih metode cicilan untuk membeli rumah mereka. Hal ini dirasa lebih ringan dari sisi pengelolaan keuangan perbulannya.

Intinya selalu lakukan perhitungan yang matang, jangan sampai pengeluaran investasi rumahmu justru yang memberatkan kondisi keuangan.

Baca : Ide Bisnis Untuk Mahasiswa Yang Baru Mulai Belajar Berwirausaha

Pertimbangkan Jarak Perumahan Dari Berbagai Akses dan Fasilitas Umum

Walau memang rata-rata perumahan sudah mempertimbangkan tentang fasilitas pendukung di dalam lingkungan pembangunan, tidak ada salahnya juga anda mempertimbangkan jarak rumah yang hendak di beli, dari fasilitas-fasilitas yang menurut anda penting.

Fasilitas yang penting antara lain : Kantor Polisi, Rumah Sakit, Sekolah, Pasar Tradisional, dan Stasiun atau Terminal. Salah satu contoh perumahan di Tangerang yang memikirkan hal ini adalah Daisan, sebuah proyek perumahan yang dikembangkan oleh Swancity dan Mitsubishi Estate Residence.

Sumber: steerpath.com

Pemilihan jarak juga berpengaruh untuk menentukan siapa yang hendak menyewa rumah kita. Contohnya, jika kita menargetkan calon penyewa dari kalangan mahasiswa, maka tentu kita akan mencari rumah dekat dengan kampus. Jika menargetkan penyewa dari karyawan, Kita bisa mencari rumah dekat perkantoran, dan sebagainya.

Pertimbangkan Metode Pembiayaan Cicilan Selain Bank

Pertimbangkan Metode Pembiayaan Lain Daripada meminjam uang di bank untuk membeli sebuah properti, mengapa tidak mempertimbangkan meminjam uang dari teman atau keluarga? Dengan cara ini kita bisa mendapat keuntungan dan kerugian yang variatif. 

Sumber : Forbes.com

Keuntungannya adalah kita tidak perlu membayar pinjaman dengan beban bunga yang tinggi, sedangkan kerugiannya adalah hubungan kamu bisa rusak dengan teman dan keluarga, saat tidak bisa membayarkan hutang tersebut tepat waktu.

Persiapkan Asuransi Untuk Rumah Yang Baru Anda Beli

Hal ini yang jarang di perhatikan mereka para pemula yang baru memulai investasi di bidang properti perumahan. Yaitu mendaftarkan asuransi atas properti tersebut.

Daftarkan Asuransi Untuk Rumah Anda

Sumber : financialexpress.com

Mungkin masyarakat Indonesia belum teredukasi terkait Asuransi properti ini, namun penting untuk diketahui bahwa memiliki asuransi terhadap properti bisa memberikan keuntungan, apalagi jika terjadi kondisi tidak terduga seperti kebakaran atau kecelakaan yang menimpa rumah kita.

Dengan begitu kita tidak perlu pusing masalah biaya renovasi di kemudian hari.

Tips-tips diatas menjadi garis besar berbagai macam tips yang disajikan oleh banyak orang, sehingga kami rangkumkan agar lebih mempermudah anda dalam mengambil keputusan terkait investasi di bidang perumahan. 

Semoga informasi yang kami sajikan bermanfaat.


No comments:
Write comments

Recommended Posts × +