Sunday, April 7, 2019

Begini Cara Uninstall Aplikasi Bawaan HP Android Yang Benar

Pernah merasa kesal dengan aplikasi bawaan android yang makan memori, sampai-sampai kita tidak bisa menginstall banyak aplikasi dari luar? Apalagi ketika aplikasi tersebut lebih banyak mengganggu aktivitas kita saat menggunakan HP karena memunculkan iklan-iklan yang mengganggu.


Istilah aplikasi yang terinstal secara otomatis ini adalah Bloatware, dan ada beberapa merek smartphone yang sengaja membuat aplikasi tersebut tidak bisa di uninstall karena alasan tertentu.

Cara Uninstal Aplikasi Bawaan dengan baik dan benar

Karena sering mengganggu aktivitas kita saat menggunakan HP, tentu kita ingin menghapus aplikasi tersebut. Sayangnya saat menguninstal aplikasi-aplikasi bloatware tersebut, kita malah mendapati smartphone kita sering crash, nah lo. Apakah cara yang kita gunakan salah? mungkin, oleh sebab itu coba baca artikel berikut ini tentang cara menghapus aplikasi bloatware dengan baik dan benar.

Pastikan smartphone dalam kondisi factory reset

Aplikasi bawaan biasanya tersembunyi dalam smartphone, sehingga tidak ketahuan apakah sesungguhnya aplikasi tersebut berguna atau tidak bagi smartphone kita. Maka kita perlu memunculkan aplikasi ini dengan cara melakukan factory reset smartphone.


Untuk melakukan factory reset, kalian bisa mengikuti tutorial pada artikel cara melakukan factory reset.

Install Aplikasi System App Remover

Karena beberapa versi android terbaru sudah tidak menyediakan fitur Hapus Aplikasi Bawaan seperti versi-versi android sebelumnya, maka kita membutuhkan aplikasi tambahan seperti System App Remover. Aplikasi ini tersedia di playstore secara gratis, jadi tidak perlu mengeluarkan uang sepeserpun untuk menggunakan fasilitas didalamnya.

Setelah terinstal, berikan akses kepada aplikasi untuk merubah setingan dalam smartphone anda. Klik tombol grant.


Kemudian pilih aplikasi bawaan yang hendak di uninstall.


Setelah itu, ikuti petunjuk yang ada dengan klik tombol yes. Tenang, langkah ini aman dan tidak menjadikan smartphone anda crash.


Prose uninstall akan berlangsung tergantung dengan jumlah aplikasi dan kapasitas. Biasanya memakan waktu hingga 5 menit, jadi cukup bersabar.

Setelah proses uninstall selesai, maka kita sudah bisa menikmati space tambahan dari hasil uninstall aplikasi tadi. Selamat Mencoba

No comments:
Write comments

Recommended Posts × +